Lanjut ke konten

Kesamaan PUI dan Muhammadiyah

Oleh: Dr. Wido Supraha, M.Si. (Wakil Ketua DPP PUI)

Silaturrahim adalah agenda harian kaum muslimin. PUI sebagai bagian dari umat Islam dan sebagai organisasi dengan amanah nama Persatuan Ummat Islam, tentu menyadari bahwa tidak akan muncul persatuan tanpa silaturrahim.

Hari ini, Kamis, 15 Sya’ban 1443 H/17 Maret 2022 M, DPP PUI melanjutkan agenda silaturrahim ke PP Muhammadiyah, salah satu ormas yang memiliki kewibawaan dalam hal kemandirian dan kejama’ahan. DPP PUI yang diwakili oleh Waketum DPP PUI DR. Wido Supraha, M.Si., Sekjend DPP PUI H. Raizal Arifin, Ketua-ketua Bidang H. Nurihsan Zaidi, M.Si., Ust. Otong dan DR. Sunarto, M.Pd. diterima oleh Ketua PP Muhamadiyah Prof. DR. H. Dadang Kahmad, M.Si., Sekjend PP Muhamadiyah Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed dan Bidang-bidang dari Muhammadiyah. Sesuai kesepakatan bahwa kegiatan dimulai jam 10 pagi, Muhammadiyah sudah siap sedia tepat waktu.

Diskusi berkembang sangat menarik selama lebih dari 1.5 jam, sehingga tidak terasa pertemuan pun harus selesai dengan kesepakatan melanjutkan silaturrahim antar bidang, khususnya pendidikan dan wakaf.

Ada banyak kesamaan antara PUI dan Muhammadiyah. Pertama, sama-sama berdiri di tahun 1900-an. Muhammadiyah berdiri 1912, sementara PUI di 1917, meskipun Hayatoel Qulub sebagai organisasi awalnya sudah berdiri sejak 1911. Kedua, sama-sama dibangun di atas leading sector dakwah dan pendidikan. Ketiga, sama-sama mengembangkan akuntabilitas wakaf. Namun di sisi ini, Muhammadiyah sudah jauh memimpin dengan 126 kampus, 26.000 sekolah dan puluhan rumah sakit di Indonesia. Keempat, sama-sama mendapatkan pengakuan awal dari Belanda di masa awal dahulu, sebelum NKRI berdiri, sebagai organisasi Islam mandiri.

Pengembangan organisasi modern memang hanya dapat berjalan baik dengan amal jama’i. Muhammadiyah sudah menciptakan sistem yang kuat dan detail, bersama doktrin dan ketaatan dalam berjama’ah.

@supraha

Kategori

Liputan

Tag

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: